Penyakit Jantung Genetik dan Berbagai Gejalanya

  

Asuransi Keluarga Terbaik

Banyak keluarga memutuskan untuk membeli asuransi kesehatan untuk keluarga. Anda juga bisa mempertimbangkan asuransi keluarga dari My Protection untuk mempersiapkan keluarga Anda menghadapi kemungkinan yang bisa terjadi di masa depan Asuransi keluarga dari My Protection memiliki plan dengan harga premi yang terjangkau namun covering manfaatnya nampol habis. Asuransi kesehatan keluarga ini sangat disarankan agar bisa convering biaya pengobatan terutama untuk penyakit genetik seperti sakit jantung genetik.

Kenali Penyakit Jantung Genetik Lebih Dalam

Kemunculan penyakit jantung didominasi oleh faktor genetik atau warisan dari keluarga. Tapi tidak semua kasus penyakit jantung adalah genetik. Ada berbagai faktor yang bisa mengakibatkan penyakit jantung, misalnya pola makan kurang sehat, berat badan yang berlebih, dan kebiasaan merokok.

Penderita kolesterol tinggi serta orang-orang yang jarang melakukan olahraga juga berpotensi mengalami penyakit jantung. Kementerian Kesehatan Indonesia menyatakan bahwa penyakit jantung adalah penyebab kematian terbesar kedua di negara ini, berdasarkan informasi dari Halodoc.

Diagnosis cepat dibutuhkan agar seseorang yang ternyata mengidap penyakit jantung bisa segera mendapatkan penanganan dini. Pahami dan waspadai berbagai ciri penyakit jantung di bawah ini.

Amati Berbagai Ciri Penyakit Jantung

Penumpukan plak lemak pada aterosklerosis atau arteri bisa merusak jantung dan pembuluh darah seseorang. Terlalu banyak plak mengakibatkan penyumbatan atau penyempitan pembuluh darah sehingga terjadi serangan jantung, stroke, atau nyeri dada. Beberapa ciri penyakit jantung antara lain:

1. Dada terasa tidak nyaman

Ciri yang paling umum dan perlu diwaspadai adalah munculnya rasa tidak nyaman di bagian dada. Perasaan nyeri muncul ketika ada sumbatan di bagian arteri. Tekanan yang muncul di dada bisa sangat terasa. Gejala yang satu ini akan terasa selama beberapa menit atau bisa juga tidak terasa sama sekali.

2. Kepala terasa pusing

Kehilangan keseimbangan dan merasa lemas dalam sesaat bukan berarti Anda bisa menyimpulkan bahwa Anda mengidap penyakit jantung. Jika rasa pusing muncul bersama dengan rasa tidak nyaman yang menyerang bagian dada sampai Anda sesak napas, bisa jadi Anda mengidap penyakit jantung.

3. Rasa nyeri menyebar ke lengan

Gejala penyakit jantung yang sering dirasakan oleh penderita penyakit ini adalah rasa nyeri mulai menyebar dari dada bagian kiri ke bagian tubuh sebelah kiri. Kalau Anda merasakan gejala yang sama, segera periksakan diri. Jika ternyata Anda mengidap penyakit jantung, penanganan dini diperlukan.

4. Berbagai gejala lainnya

Ada juga beberapa gejala lain yang menunjukkan bahwa seseorang mengidap penyakit yang mematikan ini, yaitu demam, perubahan irama jantung, pembekakan di beberapa bagian tubuh, batuk kering yang berkelanjutan, mual, dan sianosis.

--

Keluarga perlu mempersiapkan diri untuk menghadapi masa depan yang sarat akan ketidakpastian. Salah satu caranya adalah dengan mempersiapkan asuransi kesehatan keluarga. Cara lainnya adalah dengan mengenali gejala penyakit yang mungkin muncul dan berusaha mencegah penyakit. 

No comments