Hal yang Perlu Anda Ketahui Tentang Asuransi Kesehatan Berbasis Syariah


Asuransi Kesehatan Syariah Allianz

Meningkatnya kesadaran masyarakat akan pentingnya asuransi untuk perlindungan di masa yang akan datang membuat bermunculan produk asuransi, salah satunya asuransi kesehatan syariah. Berikut ini ada beberapa hal yang mungkin akan menjawab pertanyaan Anda seputar asuransi kesehatan berbasis syariah tersebut, di antaranya:

Asuransi syariah
Asuransi syariah merupakan jenis asuransi di mana penerapannya didasarkan pada prinsip usaha ta’awuni (tolong menolong) dan takafuli (saling melindungi) antar peserta dengan mengumpulkan dana (tabbaru) yang dikelola sesuai prinsip syariat Islam. Peredaran asuransi syariah diawasi oleh Dewan Syariah Nasional (DSN) dan MUI.

Sejarah asuransi syariah
Asuransi syariah pertama kali diperkenalkan di Sudan tahun 1979 dan kemudian disusul oleh Uni Emirat Arab di tahun yang sama. Di Indonesia sendiri asuransi syariah dimulai sejak 24 Februari 1994 yang diprakarsai oleh Ikatan Cedikiawan Muslim Indonesia (ICMI). Seiring berjalannya waktu, asuransi syariah mulai populer dan menghasilkan asuransi kesehatan syariah.

Perbedaan asuransi kesehatan berbasis syariah dan konvensional
Asuransi kesehatan berbasis syariah memiliki 3 perbedaan penting dengan asuransi konvensional. Pertama, asuransi syariah bersifat pasti karena tidak memiliki unsur ghahar atau ketidakpastian. Kedua, asuransi syariah tidak mengandung unsur qimar atau perjudian. Dan ketiga asuransi syariah tidak mengandung riba.

Fatwa asuransi kesehatan berbasis syariah
Meskipun sudah cukup lama dimulai, masih banyak orang yang belum percaya dengan asuransi kesehatan berbasis syariah ini. Fatwa MUI NO: 21/DSN-MUI/X/2001 tentang pedoman asuransi syariah menjelaskan bagaimana cara pengelolaan asuransi yang sesuai dengan syariat Islam. Jadi, asuransi syariah diperbolehkan selama pengelolaannya sesuai syariat Islam.

Kelebihan asuransi kesehatan berbasis syariah
Asuransi kesehatan berbasis syariah sendiri sebenarnya memiliki keuntungan lebih dibanding asuransi konvensional seperti lebih adil karena dalam penerapannya tidak boleh ada pihak yang dirugikan, pengelolaannya lebih transparan dan memiliki prinsip saling membantu antar umat muslim. Pelayanan yang diberikan pun sama baiknya dengan asuransi konvensional.

Itulah beberapa hal penting yang bisa Anda ketahui dari asuransi kesehatan syariah yang mungkin bisa menjawab keraguan Anda. Nah, sebelum memilih asuransi berbasis syariah ini, pastikan penyedia asuransi yang Anda pilih bekerja sama dengan DSN dalam pengelolaannya, seperti Allianz. Berbagai produk asuransi berbasis syariah bisa Anda lihat di allianz.co.id.

No comments