Asuransi Kesehatan Murni dan Hal yang Memengaruhi Premi

 

Arti Asuransi Kesehatan Murni

Tidak ada seorang pun yang menginginkan menderita sebuah penyakit, baik penyakit ringan maupun yang cukup parah. Sayangnya, yang namanya penyakit bisa datang kapan saja tanpa terduga. Inilah mengapa orang yang telah memahami arti asuransi kesehatan murni dan fungsinya tidak akan melewatkan untuk membeli produk asuransi ini.


Apa Itu Asuransi Kesehatan Murni?

Dikutip dari Qoala, asuransi kesehatan murni adalah asuransi yang berdiri sendiri sehingga bukan merupakan asuransi tambahan (rider) yang menjadi bagian dari asuransi lainnya. Premi dan manfaat asuransi kesehatan murni hanya fokus pada asuransi kesehatan. Sesuai namanya, asuransi ini akan memberikan pertanggungan biaya ketika pemegang polis dan anggota keluarga yang tercantum dalam polis menderita penyakit, selama tidak termasuk ke dalam poin pengecualian.

Asuransi kesehatan murni juga lebih murah dan fleksibel. Asuransi ini umumnya tidak dibebani dengan pembayaran premi yang cukup tinggi. Meskipun begitu, nominal preminya sendiri tergantung pada berbagai hal sehingga bisa saja setiap orang memiliki nominal premi yang berbeda.


Hal yang Memengaruhi Nominal Premi 

Seperti yang telah disebutkan, premi asuransi pada setiap orang bisa berbeda. Tentunya ada hal yang memengaruhinya, antara lain:

Usia

Usia berbanding lurus dengan nominal premi. Artinya, semakin banyak atau besar usia Anda saat mendaftar asuransi, maka nominal premi yang dibebankan juga akan semakin besar.

Riwayat Kesehatan

Penyakit apa saja yang pernah Anda derita sebelum mendaftar asuransi kesehatan? Jika Anda belum pernah menderita penyakit yang berpotensi untuk kembali, maka Anda bisa mendapatkan nominal premi lebih terjangkau. Namun jika Anda pernah menderita penyakit berat, maka ada kemungkinan premi yang dibebankan akan besar.

Pekerjaan

Semakin tinggi risiko pekerjaan yang Anda lakukan, maka nominal premi yang dibebankan akan meningkat. Risiko ini bukan hanya terkait fisik atau yang berpotensi menimbulkan kecelakaan kerja, melainnya risiko terkait kesehatan. Misalnya pekerjaan yang berkaitan dengan berbagai bahan kimia.

Gaya hidup

Orang yang memiliki gaya hidup tidak sehat, seperti merokok atau mengonsumsi alkohol dapat menyebabkan biaya premi asuransi naik.


Pada dasarnya, hal yang menjadi poin utama penentu nominal premi asuransi adalah seberapa besar risiko Anda menderita suatu penyakit? Ketika ada satu hal atau faktor dalam diri Anda yang dapat meningkatkan risiko, maka secara otomatis pembebanan premi akan ikut meningkat.



No comments