Butuh Pinjaman Modal? Begini Tips Mendapatkan Pinjaman Modal Usaha

 

Butuh Pinjaman Modal

Apakah Anda sedang butuh pinjaman modal? Di zaman sekarang, orang berlomba-lomba membuka usaha yang bisa menghasilkan pendapatan jangka panjang, menggantikan pendapatan yang mungkin Anda dapatkan jika bekerja di kantor. 

Namun sayang, keinginan tersebut seringkali pupus karena keterbatasan dana. Untuk membuka usaha tentunya membutuhkan modal yang tidak sedikit, namun anda tidak perlu khawatir karena saat ini sudah banyak cara untuk mendapatkan modal untuk usaha Anda.

Tips Meningkatkan Peluang Mendapatkan Pinjaman Modal Usaha

1. Memahami Bisnis Anda dari Luar

Dari sudut pandang pemberi pinjaman, ini menjadi perhatian besar ketika pemilik bisnis mengajukan pinjaman. Ini seperti ketika Anda ingin menjual sesuatu namun tidak memahami penjelasan dan detail dari produk yang ditawarkan.

Peluang penjualan yang sukses tentu akan sangat tipis jika Anda sendiri tidak memahami bisnis Anda. Itulah mengapa penting bagi Anda untuk merasa nyaman membicarakan semua aspek bisnis Anda, termasuk kinerja masa lalu, tantangan saat ini, strategi, atau rencana untuk masa depan.

2. Simpan Dokumen dengan Benar

Transparansi tentang posisi keuangan suatu perusahaan merupakan hal yang wajib dilakukan oleh para pengusaha. Proses pengajuan pinjaman tentu akan berjalan lebih lancar jika Anda dapat meluangkan waktu untuk membuat pembukuan dan pencatatan pajak Anda selalu up to date dan akurat. 

Banyak pemilik usaha kecil menghemat uang dengan mendanai sendiri dan mengelola pembukuan mereka secara manual. Padahal, jika kita bisa menyisihkan sebagian uang dengan menggunakan software akuntansi keuangan, tentunya akan lebih mudah bagi Anda untuk menyimpan catatan keuangan dan mengurangi kesalahan.

3. Selalu Perbarui Data Bisnis Anda

Ketika pemberi pinjaman melihat dan mengevaluasi usaha atau bisnis Anda, mereka tentu berharap untuk menerima dokumen terbaru, seperti laporan bank, rekening resmi dan manajemen, bukti pendapatan, kontrak, dll. Oleh karena itu, sangat penting untuk memperbarui laporan ini dengan cepat dan dalam format yang dapat dipahami.

4. Pertahankan Kredit yang Baik

Selain melacak dokumen, pastikan Anda membayar semua tagihan tepat waktu. Selain itu, Anda juga harus memenuhi beberapa jenis kriteria kredit, sehingga memiliki kredit terbaik penting untuk menghindari masalah seperti penyitaan, kebangkrutan, biaya tambahan, dan likuidasi. Mulailah dengan mengajukan pinjaman untuk sesuatu yang sangat penting bagi bisnis Anda saat ini.

5. Tunjukkan Arus Kas yang Cukup

Peminjam harus melihat bagaimana arus kas yang tersedia, memahami bahwa Anda dapat melakukan pembayaran pinjaman bulanan tergantung pada kemampuan arus kas Anda. Karena tentunya mereka akan melakukan analisa dengan melihat pembayaran pajak masa lalu Anda dan hutang usaha yang Anda miliki. 

6. Ketahui Jenis Pinjaman yang Dibutuhkan

Pastikan sebelum mengajukan pinjaman, Anda harus memahami jenis pinjaman apa yang paling tepat dan diperlukan untuk bisnis Anda. Jangan mengajukan pinjaman dengan pinjaman yang membutuhkan proses panjang dan kemungkinan besar akan ditolak karena tidak sesuai dengan kebutuhan Anda.

7. Menjual Barang yang Tidak Digunakan

Ada banyak barang tapi tidak terpakai, tentu terkadang membuat ruangan menjadi penuh atau membuat berantakan. Karena itu, jika Anda memiliki banyak barang yang bernilai tinggi tetapi jarang digunakan, tidak ada salahnya dijual untuk mendapatkan modal lebih untuk kebutuhan Anda yang lain. Anda bisa menggunakan hasil penjualan properti tersebut untuk berbagai kebutuhan mulai dari modal usaha, kebutuhan sehari-hari dan lain-lain.

8. Menggadaikan Barang

Menggadaikan barang ini juga bisa menjadi solusi terbaik bagi Anda yang sedang membutuhkan pinjaman. Karena dengan menggadaikan properti Anda tidak memiliki hutang dan kewajiban yang harus Anda bayar setiap bulan. 

Namun, ingatlah untuk menggadaikan barang yang lebih jarang Anda gunakan agar barang yang sering Anda gunakan menjadi milik Anda. Jika Anda mendapat untung dari hasil bisnis atau perdagangan Anda, ingatlah untuk menebus barang yang telah Anda gadaikan. Pastikan juga barang tersebut digadaikan di tempat resmi, bukan di pegadaian ilegal.

Ingat, jika Anda bisa menggunakan modal sendiri, Anda tidak perlu berutang kesana kemari untuk mencari modal usaha. Selain itu, jangan hanya mencari pinjaman dari satu sumber saja, seperti melalui bank, karena di zaman sekarang ini banyak sekali alternatif peminjaman uang, salah satunya melalui platform Fintech Lending Indonesia di Akseleran yang telah diawasi oleh OJK.

No comments