Memilih Wifi Rumah untuk Gaming

 

Promo Wifi 2022

Berburu promo wifi 2022 tentu menjadi rutinitas bagi siapa saja yang berencana memasang wifi di rumah. Saat melakukan pencarian, maka akan menemukan banyak pilihan yang kadang justru membuat pusing harus memilih yang mana. Apalagi jika internet ini nantinya akan digunakan untuk bermain game, tentu membutuhkan provider yang kecepatannya bagus dan punya kestabilan yang tinggi. Lalu, bagaimana cara memilihnya? 


Kecepatan Internet yang Bagus untuk Bermain Game

Sebelum memilih wifi yang tepat di rumah untuk mendukung kegiatan bermain game, pastikan sudah mengetahui berapa kecepatan internet yang dibutuhkan. Secara garis besar, bermain game membutuhkan kecepatan internet yang tinggi dan stabil. Sebab aplikasi game memang dibuat interaktif, apalagi game online. 


Secara umum, kecepatan internet yang ideal untuk bermain game adalah 5 mbps. Hal ini ideal untuk kecepatan internet rumah menggunakan wifi rumah. Selain itu, perhatikan juga kecepatan akses internet seluruh anggota keluarga di rumah. Jika hanya dipakai diri sendiri bermain game, maka wifi dengan kecepatan 10 mbps sudah lebih dari cukup. 


Namun, jika di rumah ada 2 atau 3 orang yang memakai internet untuk bermain game juga. Setidaknya harus punya wifi dengan kecepatan 15 mbps atau lebih. Silahkan hitung sendiri dulu berapa kebutuhan kecepatan internet. Baru kemudian memilih provider wifi rumah yang sesuai kebutuhan. 


Cara Memilih Wifi Rumah untuk Gaming 

Selain memperhatikan kecepatan paket internet, memilih wifi rumah untuk kebutuhan gaming juga harus memperhatikan lebih banyak hal. Bisa menentukan pilihan dengan melakukan cara-cara berikut ini: 


1. Jumlah Bandwidth yang Sesuai 

Cara pertama adalah mencari provider wifi rumah yang menyediakan jumlah bandwidth sesuai kebutuhan. Jika kebutuhan setelah dihitung dengan teliti misalnya 10 mbps, maka tinggal mencari wifi yang sesuai. Hal ini penting agar kecepatan internet stabil dan bermain game lebih lancar. 


2. Kecepatan Internetnya Stabil 

Berikutnya adalah mencari provider wifi rumah yang kecepatan internetnya stabil. Cara paling mudah untuk mendapatkan jaminan ini adalah dengan mencari tahu ulasan penggunanya. Bisa memanfaatkan internet, atau jika kebetulan ada tetangga yang memakai wifi tersebut bisa bertanya langsung. 


3. Latensi yang Kecil 

Cara ketiga dalam memilih wifi rumah untuk keperluan gaming adalah mencari yang latensinya kecil. Latensi adalah kecepatan perangkat yang dipakai bermain game mengirim data ke server game tersebut. Jika latensinya kecil akan memakan waktu yang lebih singkat, sehingga aplikasi game berjalan lancar. 


4. Memilih Koneksi Kabel CAT 5

Kebanyakan wifi rumah menggunakan koneksi kabel, dan jika menjumpai yang seperti ini pastikan memakai koneksi kabel CAT 5. Sebab jenis ini menjadi jenis koneksi kabel dengan kecepatan tinggi, yakni mencapai 100 mbps. 


5. Memilih Koneksi Nirkabel Wifi 6 

Jika menjumpai wifi rumahan dengan koneksi nirkabel maka pilih yang versi wifi 6. Sebab versi ini diketahui memiliki kecepatan transfer data yang tinggi dan angka latensi yang kecil. 


Lewat cara-cara tersebut, maka proses memilih wifi rumah yang ideal untuk kegiatan gaming bisa semakin mudah. Jadi, silahkan diterapkan agar tidak keliru dalam memilih wifi rumah. 

No comments