6 Spot Menarik di Chinatown Jakarta

 

Pecinan Jakarta

Kawasan wisata yang paling banyak diincar oleh wisatawan ketika berkunjung ke Jakarta adalah Chinatown. Sebenarnya, ini adalah tempat bermukimnya pendatang dari China untuk pertama kalinya pada zaman dahulu dan kini dijuluki sebagai Chinatown/ Pecinan Jakarta.                            

Ada banyak hal menarik yang dapat kamu jumpai di Chinatown dan yang paling amazing adalah kulinernya. Karena untuk menelusuri seluruh sudut Chinatown tidak habis dalam satu hari, maka kamu perlu mencari hotel murah terbaik di Jakarta sebagai tempat menginap agar bisa keliling lagi keesokan harinya. 

Daftar Spot Menarik di Chinatown

1. Petak Sembilan

Berburu oleh-oleh khas China ketika ke Jakarta pastinya hanya di Pasar Petak Sembilan yang berada di kawasan Pasar Glodok. Di sini ada banyak sekali produk-produk khas Negeri Tirai Bambu, mulai dari makanan ringan, kemudian bahan-bahan masak, dekorasi rumah, bahkan obat-obatan tradisional khas China. 

Jadi, jika kamu membutuhkan oleh-oleh untuk keluarga yang menanti di rumah, jangan lewatkan Petak Sembilan ini, ya!

2. Vihara Dharma Bhakti

Karena memang Chinatown ini adalah pemukiman penduduk asal China, maka tidak heran jika di setiap sudutnya kamu akan menemukan vihara. Salah satu vihara populer di sini adalah Vihara Dharma Bakti yang juga menjadi destinasi wisata dan ziarah khusus penganut ajaran Kong Hu Cu. 

3. Gereja Santa Maria de Fatima

Gereja Santa Maria de Fatima adalah salah satu tempat ibadah umat Katholik di Chinatown dan sebagai destinasi wisata juga. Di sini kamu akan disuguhkan bangunan gereja dengan arsitektur oriental baik kuil-kuil di China, sehingga jangan lupa untuk berswafoto, ya. 

4. Kulineran di Gang Gloria

Siapa yang suka banget makanan khas China? Pas banget, di Chinatown ada salah satu gang bernama Gloria. Di sana kamu akan menemukan berbagai macam kuliner khas China yang nikmat dan menggoyang lidah. 

Bahkan ada menu-menu makanan legendaris juga, mulai dari rujak Shanghai Encim, Mie Kangkung, ataupun Es Kopi Takkie. Pecinta China food pastinya nggak boleh melewatkan wisata kuliner di Gang Gloria ini, kan? 

5. Candra Naya

Candra Naya merupakan bangunan cagar budaya yang ada di Chinatown dan bisa kamu kunjungi sebagai destinasi wisata. Dulunya, gedung ini merupakan tempat tinggal dari kapitan Tionghoa yang bernama Khow Kin An, namun kini sudah dialihfungsikan sebagai kedai-kedai makanan. 

6. Pantjoran Tea House

Nah, ini merupakan salah satu bangunan bersejarah di kawasan Chinatown, lho. Namun dulunya bukan rumah untuk menikmati teh, tetapi sebuah apotek bernama Chung Hwa. Meskipun sudah alih fungsi, bangunan ini masih seperti zaman dahulu yang identic dnegan gaya oriental khas pecinaan. 

Keenam spot yang telah dibahas di atas, wajib banget kamu kunjungi ketika berkesempatan datang ke Chinatown Jakarta. Ingat, keliling Chinatown supaya puas tidak bisa habis dalam satu hari. Kamu bisa booking hotel online di sekitarnya menggunakan Pegipegi, baik melalui situs resmi maupun aplikasinya. 

No comments