Yuk Kepo-in Biaya Pendidikan S1 Bahasa Korea Ini

Biaya Pendidikan Bahasa Korea
https://www.pexels.com/photo/newly-graduated-people-wearing-black-academy-gowns-throwing-hats-up-in-the-air-267885/

Siapa yang tidak tahu Kpop? Salah satu unsur paling terkenalnya dari Wave Korean Culture ini menjadi faktor yang membuat Korea selatan semakin meningkat popularitasnya.


Terdorong rasa suka yang besar terhadap pada idol, para penggemar pun tertarik mempelajari bahasa Korea di Jurusan Sastra Korea. Nah, Kamu bisa memanfaatkan benefit dari kredit tanpa agunan untuk melancarkan studimu di jenjang Pendidikan ini.


Hal ini membuat Pendidikan S1 Bahasa Korea semakin diminati. Lantas, apa saja prospek kerja jurusan Bahasa Korea dan dan hal-hal yang dipelajarinya? Simak yuk informasinya!


Hal yang dipelajari di jurusan Bahasa Korea
Mempelajari bahasa negara lain tidak pernah sia-sia, begitu pula dengan Bahasa Korea. Dan, sudah bisa dipastikan jika kamu mengikuti Wave Korean Culture, kamu akan tertarik dengan sastra Korea. Jurusan ini adalah program studi yang mempelajari hal-hal seputar Bahasa Korea, seperti Pengantar Sejarah Bahasa korea, Hanja, Percakapan Bahasa Korea, dan hal-hal lainnya.


Para mahasiswa juga belajar melalui kuliah Korean Tourism dan belajar Komunikasi Bisnis dan Korespondensi. Di jurusan Sastra Korea, Mahasiswa akan mempelajari legenda Dangun, sejarah kerajaan Joseon sampai penjajahan Jepang.


Di jurusan ini pula, ada mata kuliah Hangukeo setiap semester. Hangukeo meliputi Malhagi (berbicara), Deudgi (mendengar), Sseugi (menulis), dan munbeob (tata bahasa).


Prospek Kerja Jurusan Bahasa Korea
Mempunyai skill bahasa merupakan sebuah anugerah. Pasalnya skill ini membuat prospek kerja seseorang menjadi lebih cemerlang. Lalu, bagaimana dengan Jurusan Sastra Korea? Tak main-main, Jurusan Sastra Korea memiliki prospek kerja yang tidak kalah cemerlang dengan bahasa lain.


Lulusan Jurusan Sastra Korea bisa bekerja di perusahaan-perusahaan bonafid dan berkarir bagus. Selain itu, banyak profesi yang bisa ditekuni, seperti;


  • Penulis perjalanan
  • Novelis
  • Penerjemah
  • Penulis teknis
  • Jurnalis
  • Content strategist
  • Content creator
  • Content writer
  • Pemandu wisata
  • dll


Biaya SPP dan Biaya Hidup Jurusan dalam Negeri Bahasa Korea 200 Juta
Beberapa kampus dalam negeri ternama sudah membuka prodi jurusan Sastra Korea lho, seperti Universitas Gadjah Mada dan Universitas Indonesia. Nah, untuk kamu yang tertarik dengan jurusan ini, kamu perlu mempersiapkan biaya pendidikan dan biaya lain yang diperlukan selama kuliah.


Dengan begitu orang tua dan kamu bisa mempersiapkan biaya yang sekiranya akan diperlukan. Biaya apa saja yang harus dikeluarkan dan berapa besarnya? Ini dia informasinya!


Biaya Seleksi
Biasanya ada tiga jalur seleksi untuk masuk ke universitas, yakni SBMPTN, SNMPTN, dan jalur mandiri. Seorang calon mahasiswa yang menempuh jalur ini rata-rata dikenakan biaya sebesar Rp250 ribu – Rp1 juta.


Biaya Semester
Selama kuliah mahasiswa harus membawa biaya semester setiap bulan. Saat ini hampir setiap kampus menggunakan sistem UKT untuk menentukan besarnya biaya semester dan besarnya UKT tergantung dari penghasilan orang tua. 


Calon mahasiswa yang menggunakan bidikmisi dikenai biaya Rp0 alias gratis. Namun, untuk calon mahasiswa yang tidak menggunakan bidikmisi wajib melaporkan penghasilan orang tua untuk menentukan besarnya biasa yang harus dibayar.


UKT paling rendah untuk mahasiswa Jurusan Sastra Korea paling tinggi hingga Rp8 juta. S1 disini juga memiliki 8 semester, sama seperti dalam sistem perkuliahan lainnya. Ini berarti selama kuliah, mahasiswa harus membayar UKT sebesar kurang lebih Rp64 juta.


Biaya Kos dan Tempat Tinggal
Mahasiswa yang berasal dari luar kota atau luar pulau harus memikirkan biaya kos atau tempat tinggal. Rata-rata besarnya biaya sewa kos adalah Rp500 ribu – Rp1 juta. Jika dikalkulasikan, berarti kamu harus menyiapkan dana sebesar Rp48 juta untuk biaya kos.


Biaya Makan
Biaya yang harus diperhatikan lainnya adalah biaya makan. Besarnya biaya ini bergantung pada kemampuan seseorang secara ekonomi. Tapi, rata-rata biaya yang dihabiskan untuk makan adalah sebesar Rp1 juta – Rp1,5 juta setiap bulannya. 


Maka, selama 4 tahun kuliah, rata-rata kamu harus menyiapkan uang kurang lebih Rp72 juta untuk biaya transportasi dan makan sehari-hari.


Kebutuhan Lainnya
Kebutuhan lain dihitung sebagai kebutuhan tambahan yang harus dipenuhi untuk menghadapi hal-hal tidak terduga. Untuk mahasiswa, kebutuhan lain meliputi biaya mengerjakan tugas, penelitian, dan lain-lain.


Jika kamu bisa berhemat, biaya kebutuhan lain bisa ditekan. Atau kamu bisa mendapatkan uang tambahan untuk memenuhi pos kebutuhan satu ini.


Besarnya biaya kebutuhan lainnya bisa kamu atur sendiri agar tidak terlalu besar. Namun, ada baiknya kamu tentukan, misalnya sebesar Rp1 juta setiap bulan. 


Jika diakumulasikan secara keseluruhan, besaran biaya yang kamu butuhkan kurang lebih Rp186 juta. Besarnya biaya ini hanya bisa dipersiapkan lebih awal sehingga kamu tidak akan kesulitan untuk menyelesaikan Pendidikan S1 Bahasa Korea.


Kuliah di Jurusan Bahasa Korea dengan digibank Kredit Tanpa Agunan 

Kuliah Jurusan Bahasa Korea
https://www.pexels.com/photo/teacher-giving-the-test-result-to-his-student-7092347/


 


Untuk memenuhi kebutuhan kuliahmu di jurusan sastra Bahasa Korea, jangan ragu untuk ajukan kredit digibank KTA. Kredit online bunga rendah dari digibank KTA by DBS memberikan banyak keunggulan yang bisa kamu dapatkan.


Gunakan Aplikasi digibank by DBS untuk ajukan kredit. Online 24 jam, sehingga kamu bisa mengaksesnya dari mana dan kapan saja. Selain itu, bisa pula akses go.dbs.com/kta.


  • Hanya butuh 60 detik untuk melakukan pengajuan KTA.
  • Dana akan otomatis masuk ke rekening digibank sampai Rp200 juta.
  • Jumlah kredit bisa diatur oleh nasabah sendiri.
  • Cicilan berlaku sampai 36 bulan.
  • Tidak perlu dokumen fisik.
    Persyaratan mudah. Hanya perlu pastikan kamu tinggal di Bandung, Jabodetabek, Semarang, dan Surabaya. Pastikan kamu mempunyai e-KTP dan NPWP dan berpenghasilan minimal 5 juta

Kuliah di Jurusan Sastra Bahasa Korea jadi lebih terjamin kelancaran-nya dengan adanya digibank KTA. Cek informasi langkah pengajuannya  dibawah ini:


https://www.dbs.id/digibank/id/id/pinjaman/produk-pinjaman/kredit-digibank-kta


No comments