4 Tips Memilih Pra Sekolah untuk Anak

 

British Kindergarten Schoold Jakarta

Ketika anda memiliki anak yang berusia 2-5 tahun, mungkin anda sudah mulai mempertimbangkan untuk memilih intitusi pra sekolah sekelas kindergaten. Sebenarnya kamu tidak sendirian, diluar sana bahkan tidak sedikit yang sudah menyekolahkan anaknya sejak usia 1 tahun.


Sebagai orang tua, tentu kita ingin memberikan yang terbaik untuk sang anak. Lalu bagaimana cara memilih intitusi pra sekolah yang cocok untuk anak? Kami akan merangkum 4 tips yang bisa anda gunakan untuk memilih intitusi pra sekolah untuk anak.


Tips Memilih Pra Sekolah untuk Anak

Memilih pra sekolah untuk anak memang bisa dibilang susah-susah gampang. Gampang karena sekarang ini sudah banyak institusi yang seperti ini di sekitar kita. Sedangkan susahnya adalah cara memilih intitusi yang tepat. Setidaknya kami memiliki 4 tips yang bisa kamu gunakan untuk memilih, yakni:


1. Kemudahan Akses

Tips yang pertama adalah mempertimbangkan akses ke sekolah tersebut, pastikan sekolah yang kamu pilih untuk sang anak memang mudah untuk diakses. Beberapa acuan yang bisa kamu gunakan untuk kriteria ini adalah kedekatan lokasi, publik transport, dan sebagainya. Tidak hanya akan memudahkan anda untuk mengantar jemput anak, kemudahan akses ke sekolah juga akan sangat membantu kita untuk segera datang jika ada suatu hal yang tidak diinginkan terjadi.


2. Biaya Sekolah

Tips kedua ini tentunya sangat penting dan menjadi perhatian hampir sebagian besar orang tua, yaitu memilih sekolah yang sesuai dengan kemampuan ekonomi orang tua. Jika pada akhirnya kita bisa menyesekolahkan anak ke sekolah international, tentu itu akan lebih baik, namun jika tidak, juga bukan sebuah masalah yang serius.


Kita bisa memulai dengan membuat biaya perhitungan estimasi yang dibutuhkan anak selama mereka bersekolah. Hal lain yang juga harus kita perhatikan adalah besarnya inflasi biaya pendidikan yang terjadi selama beberapa tahun kedepan.


3. Kecocokan Sekolah

Tips ketiga ini adalah hal yang harus kita perhatikan setelah anak mulai menjalani harinya sebagai siswa, yakni menilai kecocokan atau kenyamanan anak terhadap sekolah tersebut. Untuk hal ini, ada beberapa acuan yang menjadi pertimbangan kita dimulai dari kecocokan dengan teman-teman, aktivitas mereka selama di sekolah, profesionalitas guru selama mengajar, dan sebagainya. Ini penting kita perhatikan, untuk menentukan apakah sekolah yang kita pilih cocok dengan sang anak atau tidak.


4. Prestasi Sekolah

Tips yang terakhir ini bisa kamu gunakan untuk menentukan kulitas sekolah secara keseluruhan, yakni dengan melihat prestasi-prestasi sekolah yang selama ini sudah berhasil mereka dapatkan, entah itu prestasi pada tingkat nasional atau international.


Itulah 4 tips yang bisa kita gunakan untuk memilih tempat pra sekolah untuk anak, jika kamu saat ini sedang mencari rekomendasi pra sekolah international, kamu bisa mulai berkenalan dengan British Kindergarten Schoold Jakarta dari BSJ.

No comments