Prinsip Desain yang bisa Sulap Rumah jadi Bernuansa Vila

 

Inspirasi Rumah
Photo by Jonathan Borba: https://www.pexels.com/photo/white-modern-residential-building-in-sunny-day-5563473/

Semua orang pasti menginginkan rumah yang nyaman sebagai tempat tinggal. Apalagi jika rumah bisa memiliki nuansa seperti vila, pasti menempatinya akan lebih terasa menyenangkan. Bukan hal mustahil untuk mewujudkan inspirasi rumah yang terasa seperti vila dengan prinsip desain tertentu.

Vila sebenarnya tidak jauh berbeda dengan rumah pada umumnya, karena vila juga menjadi tempat tinggal. Kebanyakan vila memang dibangun di tempat dengan pemandangan indah seperti dataran tinggi atau dekat pantai. Pasalnya bangunan tersebut jadi tempat tinggal selama menjalani liburan baik milik sendiri maupun menyewa.

Prinsip Desain untuk Membangun Rumah seperti Vila

Membangun rumah seperti vila sebenarnya bukan hal sulit, karena keduanya dibangun dengan cara yang sama. Namun memang ada beberapa perbedaan di sejumlah aspek yang menjadikan vila terlihat lebih bagus. Maka untuk mewujudkan rumah layaknya vila, ikuti prinsip desain berikut ini.

1. Ukuran Lebih Luas

Salah satu yang membedakan rumah dengan vila adalah ukuran vila yang lebih luas. Jadi jika ingin memiliki rumah seperti vila, pastikan dulu sudah tersedia lahan yang cukup luas. Bahkan lahan luas itu nantinya tidak akan dipakai untuk mendirikan bangunan saja, tapi juga untuk membangun fasilitas tambahan di luar bangunan seperti taman dan kolam renang.

2. Maksimalkan Pencahayaan Alami

Vila identik dengan nuansa dalam ruangan yang terang. Namun bukan menggunakan cahaya lampu, melainkan memanfaatkan pencahayaan alami dari sinar matahari. Karena itu, bangunan harus memiliki lebih banyak bukaan seperti jendela berukuran lebar dan pemasangan kaca pada atap agar sinar matahari bisa masuk ke dalam ruangan.

3. Maksimalkan Aliran Udara

Selain terang karena pencahayaan alami, vila juga terkesan nyaman karena sirkulasi udara yang lancar. Bukan dengan penggunaan alat penyejuk ruangan, tapi dengan memaksimalkan aliran udara melalui banyak bukaan. Lagi-lagi jendela yang banyak dan berukuran besar harus terpasang pada rumah agar nuansanya mirip vila.

4. Mengurangi Penggunaan Sekat

Di dalam ruangan, sebaiknya kurangi penggunaan sekat yang membuat setiap ruangan jadi terasa sempit. Minimnya sekat akan membuat rumah jadi lebih lega dan lapang. Cara ini juga bisa untuk menyiasati bangunan berukuran kecil. Meski tanpa sekat, fungsi setiap ruangan akan tetap jelas dengan membedakan unsur tertentu, misalnya warna cat.

5. Kamar Tidur Utama Lebih Privat

Kamar tidur utama atau master bedroom sebaiknya diletakkan di bagian paling jauh dari pintu masuk rumah. Hal itu bertujuan untuk memberikan privasi dan ketenangan pada kamar tidur utama. Selain itu, perlu adanya walk-in closet serta bath up pada kamar mandi utama agar semakin terasa nuansa seperti sedang menginap di vila.

6. Menciptakan Taman

Menciptakan taman di luar bangunan utama dengan unsur air misalnya penambahan swimming pool, fish pond atau reflecting pool akan semakin menambah keindahan rumah. Dari dalam ruangan termasuk kamar tidur, penghuninya bisa menikmati keindahan pemandangan taman tersebut melalui jendela.

Itulah sejumlah prinsip desain rumah untuk menghasilkan kesan dan atmosfer seperti di vila. Dengan penerapan desain yang tepat, rumah tinggal biasa akan menjadi hunian layaknya vila yang indah. Untuk desain apa saja yang diterapkan, pastikan selalu memilih material bangunan terbaik dan berkualitas dari SCG uang sudah terpercaya.

SCG menjadi pilihan merek bahan bangunan ramah lingkungan terlengkap dan paling direkomendasikan dengan banyak produk, seperti semen, bata ringan hingga beton instan. Semua produknya dirancang khusus untuk mendukung program go green sehingga tidak akan menimbulkan kerusakan pada lingkungan. Kunjungi scgcbm.id untuk informasi lebih lanjut.

Referensi:

https://www.emporioarchitect.com/blog/siap-merencanakan-desain-rumah-ketahui-dulu-10-prinsip-desain-emporio-architect-yang-bisa-sulap-rumah-tinggal-jadi-bernuansa-villa

https://www.rumah.com/panduan-properti/apa-itu-villa-75164


No comments