Tips Memilih Perusahaan Investasi Terpercaya

 

Investasi Terpercaya

 

Memilih perusahaan investasi merupakan salah satu faktor yang bisa membantu meningkatkan keuntungan Anda dalam berinvestasi. Maka dari itu, sangat penting untuk memilih perusahaan investasi terpercaya agar aktivitas investasi Anda berjalan sesuai dengan harapan dan keinginan.

Bagi Anda yang sedang mencari perusahaan investasi yang terpercaya, berikut ini kami akan coba jelaskan cara-caranya di bawah ini.

1.  Terdaftar di OJK

Hal pertama yang harus Anda perhatikan yaitu memilih sebuah perusahaan yang sudah terdaftar di OJK (Otoritas Jasa keuangan). keterdaftaran sebuah perusahaan di lembaga pemerintah tersebut akan menjamin keamanan dan kenyamanan para investor.

Perusahaan yang sudah terdaftar akan diawasi oleh OJK dan mengikuti regulasi OJK. Uang yang Anda investasikan juga terjamin dan tidak akan tiba-tiba hilang karena senantiasa diawasi terus.

2.  Memperhatikan Kinerja dan Profil Perusahaan

Bagi para pemula, hal selanjutnya saat memilih perusahaan investasi yaitu mengenali profil perusahaan dan kinerjanya. Perlu Anda ketahui, investasi merupakan kegiatan jangka panjang, maka dari itu Anda harus riset dan mempelajari perusahaan tempat Anda menginvestasikan uang terlebih dahulu.

Coba Anda cek apakah manajemen perusahaan pernah bermasalah atau tidak. Setelah itu, jangan lupa juga untuk cek apakah rasio-rasio keuangan dari perusahaan tersebut masih sehat atau tidak. Hal semacam ini akan membantu Anda menjatuhkan pilihan di perusahaan yang tepat.

3.  Perhatikan Laba yang Dihasilkan perusahaan

Khusus untuk Anda yang memilih investasi saham, jangan lupa untuk cek laba yang dihasilkan. Cara untuk menilai saham yang baik untuk investasi juga dapat dilakukan dengan mencari tahu berapa hasil laba perusahaan tersebut.

Anda bisa mencari tahunya dengan melihat laporan keuangan perusahaan di website Bursa Efek Indonesia (BEI).

4.  Memilih Jenis Saham Berdasarkan Indeks

Jika Anda memilih investasi saham, maka pilihlah berdasarkan indeks. Memilih saham berdasarkan indeks termasuk salah satu cara menentukan saham yang baik. Khusus untuk pemula, Anda harus mencari saham yang memiliki likuiditas tinggi sekaligus menjadi market leader.

Di samping itu Anda juga harus memahami apa itu Liquid 45 atau yang biasa dikenal juga sebagai indeks LQ45. Arti dari istilah tersebut yaitu di dalam indeks tersebut terdapat 45 saham yang memiliki likuiditas tinggi.

5.  Menghitung Keuntungan dan Kerugian

Saat berencana berinvestasi, pastikan juga Anda menghitung potensi keuntungan maupun kerugian. Cara untuk melakukannya berbeda-beda untuk setiap instrumen. Salah satu contohnya yaitu untuk saham, Anda melihat harga pergerakan saham atau melalui teknik analisis.

Untuk menghitung untung dan rugi investasi juga bisa melalui kalkulator simulasi investasi yang saat ini sudah tersedia secara online.

6.  Perhatikan Pembiayaan

Pembiayaan yang kami maksud di sini adalah modal investasi. Meski terkesan sepele, tips yang satu ini pada dasarnya sangat bermanfaat sekali untuk Anda yang berencana membeli investasi.

Carilah perusahaan yang menawarkan biaya beragam, mulai dari rendah hingga tinggi. Untuk pemula, modal investasi yang rendah bisa menjadi pilihan karena masih dalam tahap belajar.

Kesimpulan

Semakin banyak perusahaan investasi terkadang membuat beberapa investor bingung memilih yang mana. Namun khusus untuk pemula, beberapa tips yang sudah kami bagikan tadi sedikit banyaknya bisa membantu Anda untuk menentukan tempat yang tepat.

Bagi Anda yang sedang mencari perusahaan investasi terpercaya, Mandiri Sekuritas melalui most.co.id bisa menjadi solusi tempat berinvestasi yang sudah terdaftar di OJK (Otoritas Jasa Keuangan). Ada beberapa instrumen yang bisa dipilih mulai dari reksa dana hingga investasi saham pun tersedia. 


No comments