Tipe Gaya Belanja Mencerminkan Karakter, Kamu yang Mana?

Paylater
https://www.freepik.com/free-photo/asian-happy-female-woman-girl-holds-colourful-shopping-packages-standing-yellow-background-studio-shot-close-up-portrait-young-beautiful-attractive-girl-smiling-looking-camera-with-bags_27949373.htm#&position=4&from_view=author


Tahukah kamu ternyata ada banyak sekali tipe gaya belanja yang bisa dilakukan. Setiap orang memang memiliki gaya yang berbeda-beda dalam berbelanja menyesuaikan dengan kebutuhan pribadi masing-masing. Selain kebutuhan, gaya hidup juga ikut mempengaruhi gaya belanja seseorang. Apapun tipe gaya belanjamu paylater akan bisa kamu gunakan sebagai alat pembayaran.

Apa itu paylater? Bagi kamu yang belum mengetahuinya, sistem bayar nanti adalah cara pembayaran non tunai, kamu bisa belanja terlebih dahulu dan bayar nanti di waktu lainnya. Namun kamu tetap harus hati-hati dan mempertimbangkan dengan baik sebelum menggunakan fitur pembayaran ini agar tidak membahayakan kondisi finansial mu.


Inilah 8 Tipe Gaya Belanja, Kamu yang Mana?


Tidak bisa dipungkiri memang banyak faktor yang mempengaruhi keinginan seseorang untuk berbelanja. Namun ketika sudah memahami kebiasaan belanja, maka kamu akan lebih mampu mengendalikan keinginan berbelanja. Berikut ini 8 tipe gaya belanja yang ada saat ini, kamu termasuk yang mana?

    1. Pemburu Promo

Tipe gaya shopper pemburu promo akan selalu mencari kesempatan untuk mendapatkan promo dari manapun. Biasanya akan selalu membandingkan harga barang yang sama dari berbagai penjual atau marketplace, kemudian memilih satu yang menawarkan promo paling banyak.

Tipe belanja ini memiliki kecenderungan rencana belanja yang matang. Sambil menunggu promo akan membuat daftar belanja barang-barang apa yang dibutuhkan, sambil terus memantau tanggal promo yang menarik dan memantau kapan waktu terbaik untuk berbelanja. Tipe ini sangat baik bagi finansial, karena akan mendapatkan banyak keuntungan dari sebuah promo.

    2. Pecinta Merk Favorite

Gaya belanja yang satu ini cocok bagi kamu yang setia menyukai sebuah brand favorit. Prinsipnya adalah beli sedikit tidak masalah, asalkan produk yang dibeli merupakan brand favorit.

Tipe ini tidak akan memakan banyak waktu untuk windows shopping, namun hanya menunggu kapan barang favorit tersebut memberikan promo atau meluncurkan produk baru. Jika ada produk baru dari brand favorit diluncurkan dan kebetulan membutuhkannya, maka akan dibeli tanpa menunggu lagi.

    3. Social Shopper

Dilansir dari Daily Mail, social shopper adalah kelompok yang menyukai belanja tanpa memiliki tujuan akhir. Bagi tipe ini belanja berkaitan erat dengan interaksi sosial, sehingga sering kali melakukan pengeluaran yang tidak begitu penting hanya sekedar untuk bertemu teman.

Sisi positifnya tipe ini adalah memiliki relasi sosial yang baik dengan sekitarnya. Namun sangat penting untuk memperhatikan kembali tujuan berbelanja, dengan membuat daftar belanja yang jelas untuk mengontrol pengeluaran.

    4. Belanja untuk Terapi

Menurut Husler yang dikutip dari situs cnnindonesia, tipe therapy shopper ini menjadikan aktivitas berbelanja menjadi hadiah bagi diri sendiri (self reward). Kegiatan belanja yang dilakukan dipengaruhi emosional, saat kamu merasa sedih atau bahagia maka obatnya adalah dengan belanja.

Kegiatan belanja ini dianggap akan memperbaiki mood yang berantakan. Biasanya setelah belanja mood akan meningkat membaik dari sebelumnya. Kebiasaan ini kurang baik karena belanja dilakukan tanpa pertimbangan matang dan akan menjadi sebuah pemborosan.

    5. Pemberi

Tipe belanja ini memang seorang giver yang suka memberi. Shopper ini suka sekali membelanjakan uang untuk membeli barang-barang yang kemudian diberikan kepada orang lain. Kebiasaan ini sangat bagus untuk hubungan sosial, karena akan membantu banyak orang.

Namun jika kamu belum memiliki finansial yang seattle akan berakibat buruk. Kebiasaan berbelanja dan untuk diberikan ke orang lain tanpa mengenal kemampuan dompet sendiri akan membuatmu kesulitan memenuhi kebutuhanmu sendiri.

    6. Bargain Hunter

Tidak semua orang memiliki kemampuan ini, karena dibutuhkan skill untuk menawar saat membeli sesuatu. Shopper tipe ini sangat menyukai tantangan belanja di pasar yang harganya belum harga mati, sehingga masih bisa ditawar.

Buat kamu yang bargain hunter, selalu menganggap menawar barang adalah game yang harus dimenangkan. Hal ini sangat bagus, kamu bisa berhemat banyak karena mendapatkan harga yang lebih murah dari pada harga pasar yang ditawarkan penjual. Bisa jadi harga yang akan kamu dapatkan bahkan lebih murah dari toko lain.

    7. Si Planner


Shopper yang satu ini selalu memiliki jadwal untuk belanja yang sudah direncanakan dan selalu ditepati. Tipe ini memiliki kedisiplinan yang tinggi, tidak akan belanja di luar waktu yang sudah ditentukan. Tidak hanya disiplin soal waktu, tetapi juga memiliki kedisiplinan soal budget yang akan digunakan belanja.

Apakah kamu tipe gaya belanja yang satu ini? Jika iya, hal ini bagus sekali, karena kamu artinya sudah memiliki rencana matang untuk berbelanja sehingga tidak akan mengganggu kondisi finansialmu.

    8. Windows Shopper


Kali ini ada tipe shopper yang termasuk bijak, karena hobi belanjanya tidak menghabiskan banyak uang. Selain itu tipe ini lebih banyak melakukan sebuah survey terlebih dahulu sebelum memutuskan untuk membeli sesuatu.

Windows shopper sudah merasa senang walaupun hanya melihat-lihat saja, kelompok ini tidak akan kecewa jika barang yang diinginkan habis. Kamu pasti pandai menahan diri dan tidak terlalu terbawa keinginan jika termasuk tipe gaya belanja yang satu ini.


Belanja dengan Bank Digital Paling Praktis dan Mudah

Belanja

https://www.freepik.com/free-photo/young-happy-women-with-shopping-bags-walking-street_10629151.htm#query=shopping&position=25&from_view=search&track=sph

Tidak ada yang salah dengan berbelanja, yang salah adalah berbelanja tanpa mengerti kondisi keuangan sendiri. Apapun tipe gaya belanjanya, kamu tetap harus memiliki manajemen untuk mengatur keuangan agar tidak berbahaya bagi keadaan keuangan.

Jika kamu ingin belanja namun belum memiliki budget untuk saat ini, menggunakan paylater dari digibank by DBS adalah solusinya.

Tidak perlu khawatir lagi jika kamu menggunakan fitur bayar nanti dari digibank by DBS, kenapa?

  •     Kamu bisa akses dan monitor 24/7 di Aplikasi digibank by DBS sehingga bisa antisipasi gagal bayar
  •     Kartu Kredit cicilan ringan hingga 60 bulan dengan approval dalam 60 detik yang bisa kamu manfaatkan untuk bijak berbelanja
  •     GRATIS iuran tahun pertama


Aplikasi perbankan dari digibank by DBS bisa digunakan kapan saja.  Jika kamu ingin berbelanja kapan pun tidak akan jadi masalah. Sangat menarik, bukan? Nah, ingin tahu lebih banyak tentang Informasi layanan apa itu paylater, selengkapnya klik  di sini

No comments