Cara Melindungi Diri Penyalahgunaan Identitas Pinjaman Online

 

Identitas Pinjaman Online

https://www.pexels.com/photo/glad-woman-making-online-payment-via-smartphone-in-spring-park-6567553/


Melindungi identitas diri dari pinjaman online menjadi sangat penting karena terdapat beberapa risiko dan ancaman yang dapat timbul jika informasi pribadi Anda jatuh ke tangan yang salah. Apalagi dengan meningkatnya kasus pencurian data pribadi yang dipakai untuk pengajuan pinjaman online palsu. Kejadian tersebut berbuntut pada keluhan nasabah yang mengaku sebagai korban yang tiba-tiba mendapat tagihan.

Dilansir dari situs infobisnis.id perlindungan data pribadi sangat penting dilakukan, terutama saat pengajuan pinjaman online atau paylater. Tujuan utamanya adalah untuk mencegah terjadinya penyalahgunaan data pribadi, menghindari terjadinya risiko ancaman dan kekerasan online, menghindari potensi pencemaran nama baik, serta risiko kejahatan lainnya. Oleh sebab itu, kamu membutuhkan tips khusus guna melindungi diri dan identitas pribadi dari pinjaman online ilegal.

Tips Melindungi Identitas Pribadi dari Pinjaman Online

Pinjaman Online

https://www.pexels.com/photo/cashless-payment-using-smartphone-5239810/


Pinjaman online telah menjadi solusi populer untuk mendapatkan dana cepat tanpa harus melibatkan proses yang rumit seperti saat kamu mengajukan pinjaman dana di bank konvensional. Kehadiran pinjaman online yang memberi kemudahan ternyata diiringi risiko terhadap penyalahgunaan data pribadi nasabahnya. Kamu perlu berhati-hati dalam melindungi identitas pribadi agar tidak jatuh ke tangan yang salah. 


Berikut adalah beberapa tips yang perlu kamu lakukan untuk melindungi identitas pribadi dan bagaimana cara agar data kita tidak disebar oleh pinjaman online.


1. Pilih Perusahaan Keuangan dan Aplikasi Terpercaya

Sebelum mengajukan pinjaman paylater secara online, pastikan kamu memilih perusahaan peminjam terpercaya dan memiliki reputasi baik. Lakukan riset menyeluruh tentang perusahaan tersebut, baca ulasan dari pengguna sebelumnya, dan pastikan perusahaan memiliki izin dan seluruh transaksi diawasi oleh instansi pemerintah terkait.


2. Periksa Kebijakan Privasi
Pastikan kamu membaca dan memahami kebijakan privasi dari aplikasi pemberi pinjaman. Pastikan juga bahwa informasi pribadi kamu tidak akan dibagikan tanpa izin dari kamu. Perusahaan dan aplikasi pinjaman online terpercaya memiliki kebijakan privasi yang jelas dan transparan.


3. Gunakan Koneksi Internet yang Aman

Ketika mengakses situs atau mengisi formulir pinjaman online, pastikan kamu menggunakan koneksi internet yang aman. Hindari mengakses situs atau mengirimkan informasi pribadi melalui jaringan WiFi umum yang tidak terlindungi dan berpotensi terjadi serangan pencurian data pribadi.


4. Gunakan Sandi yang Kuat
Ketika mendaftar atau mengakses situs atau aplikasi pinjaman online, selalu gunakan sandi yang kuat dan unik. Hindari menggunakan kombinasi yang sederhana dan mudah ditebak seperti tanggal lahir atau nama keluarga. Gunakan sandi yang terdiri dari kombinasi huruf, angka, dan karakter khusus.


5. Periksa Situs yang Aman (HTTPS)

Pastikan bahwa situs perusahaan pinjaman online menggunakan protokol keamanan HTTPS. Keamanan situs bertujuan bahwa data yang kamu masukkan akan dienkripsi dengan baik dan lebih sulit untuk diakses oleh pihak ketiga secara ilegal.


6. Aktifkan Keamanan Ganda
Sudah banyak situs dan aplikasi pinjaman online mendukung keamanan ganda untuk melindungi data nasabah. Kamu bisa mengaktifkan autentikasi dua faktor pada akun untuk menambah lapisan perlindungan terhadap data identitas yang kamu berikan pada akun tersebut.


7. Hindari Klik Tautan Ilegal

Jika kamu menerima tautan dan lampiran melalui email atau pesan teks yang tidak dikenal, jangan klik tautan tersebut. Sangat besar kemungkinan tautan atau lampiran yang kamu terima adalah trik phising dengan tujuan pencurian informasi data pribadi.


8. Perhatikan Detail Kontrak dengan Seksama

Sebelum menandatangani perjanjian pinjaman, baca dengan cermat setiap detail kontrak. Pastikan kamu telah memahami semua persyaratan, biaya, dan jadwal pembayaran. Jangan ragu untuk bertanya melalui admin chat online atau customer service jika ada yang tidak jelas.


9. Hindari Memberikan Informasi yang Tidak Perlu

Bagaimana cara melindungi kontak dari pinjol? Perusahaan dan aplikasi pinjaman online legal hanya memerlukan informasi dasar untuk menilai kelayakan pinjaman kamu. Hindari memberikan informasi yang tidak relevan atau yang seharusnya tidak diminta.


10. Pantau Aktivitas Akun dan Kredit Secara Berkala

Pantau aktivitas akun pinjaman online kamu secara berkala. Periksa laporan transaksi, tagihan, dan perincian pembayaran berkala untuk memastikan tidak ada aktivitas yang mencurigakan. Jika kamu menemukan transaksi yang tidak dilakukan, segera membuat laporan pengaduan ke pihak perusahaan dan OJK.

Melalui tips-tips di atas, kamu bisa menjaga identitas pribadi tetap aman saat mengajukan pinjaman online. Selalu berhati-hati dan teliti sebelum berbagi informasi pribadi di dunia maya dan sebaiknya kamu mengajukan pinjaman paylater dari bank digital terpercaya dan telah mengantongi izin resmi seperti digibank Pay Later.

Selain lebih aman dan terpercaya, digibank Pay Later juga menawarkan sederet keuntungan yang bisa kamu manfaatkan. Kamu bisa akses transaksi dan monitor 24/7 di Aplikasi digibank by DBS untuk beli kebutuhan harian. Tak hanya itu, pengajuan kartu Kredit approval dalam 60 detik dengan cicilan ringan hingga 60 bulan yang bisa digunakan untuk transaksi belanja harian. Kamu juga bisa mendapatkan manfaat GRATIS iuran tahun pertama, lho.

Nggak perlu ditunda lagi untuk segera manfaatkan Paylater untuk kebutuhan penting yang tidak bisa ditunda.  Selain harus digunakan dengan bijak, kamu juga harus melakukan perlindungan ganda terhadap identitas dan data pribadi yang kamu bagikan pada situs atau aplikasi pinjaman.

Kini, kamu bisa menggunakan layanan dari digibank Pay Later yang aman dan terpercaya. Aplikasi digibank by DBS memberi kemudahan penggunaan layanan, perlindungan data nasabah, serta cicilan 0% hingga 24 bulan. Agar lebih jelas lagi, kamu bisa pelajari informasi produk selengkapnya di sini.


https://ugm.ac.id/id/berita/21829-pakar-ugm-bagikan-tips-cegah-pencurian-data-pribadi-dari-aplikasi-pinjol/
https://skorlife.com/blog/pinjol-kta/cara-melindungi-diri-dari-penyalahgunaan-identitas-untuk-pinjol/
https://keuangan.kontan.co.id/news/cara-mencegah-pencurian-data-pribadi-oleh-pinjol
https://smallseotools.com/plagiarism-report/ad5ca0f16010234939db5d642fa6abde/ 
                                              


No comments