Apa Itu SaaS? Berikut Pengertian dan Cara Kerjanya!

 

Hypernet

 

Pernah menggunakan Netflix, Zoom, atau Google Workspace yang bisa kamu akses melalui browser? SaaS (Software as a Service) ini adalah model yang memanfaatkan teknologi Hypernet SD-WAN untuk mendasari terciptanya produk seperti yang kamu gunakan itu. 

Untuk lebih memahami pengertian dari Software as a Service ini, simak pembahasan lengkap berikut ini!

Apa itu SaaS?

Pada dasarnya, sebuah software bisa kamu gunakan jika kamu menginstallnya di perangkatmu. Dengan teknologi yang satu ini, kamu hanya perlu membuka browser dan kamu bisa menggunakan software tersebut layaknya kamu sudah menginstalnya. 

SaaS merupakan salah satu dari tiga model cloud computing. Yang mana dua model lain selain SaaS adalah Iaas yang merupakan singkatan dari Infrastructure as a Service, dan PaaS atau Platform as a Service.

Contoh produk layanan yang termasuk ke dalam Software as a Service ini adalah seperti Netflix, Salesforce, Adobe Creative, Google Workspace, Zoom, dan Trello. Semua produk yang termasuk ke dalam jenis yang satu ini, merupakan sebuah software yang tersedia versi web nya.

Perbedaan mendasar antara SaaS dengan dua jenis model lainnya adalah dalam pemasarannya. Produk Software as a Service, biasanya akan lebih berfokus untuk menjangkau pasar dengan pengguna B2B dan B2C.

Cara Kerja SaaS

Melihat kecanggihan teknologi yang satu ini, tentunya kamu penasaran dengan bagaimana cara kerja dari SaaS ini. Bagaimana dia bisa menjadikan sebuah software yang hanya bisa dibuka oleh device tertentu, menjadi sebuah website yang bisa dibuka di manapun.

Nah, Software as a Service sendiri bekerja dengan mengandalkan pengiriman cloud.

Pembuat aplikasi akan melakukan hosting aplikasi atau software beserta data-data yang aplikasi itu perlukan dengan menggunakan server, database, sumber daya komputasi, dan pastinya jaringan.

Misalnya adalah dalam produk Netflix. Pihak pemilik aplikasi Netflix, akan melakukan hosting aplikasi netflix itu dan juga data yang diperlukan. Kemudian hosting tersebut akan mereka luncurkan sehingga kamu bisa mengakses website milik mereka yang sudah berisi aplikasi dan data lengkap yang mereka perlukan.

Nah, inilah yang membuat kamu bisa mengakses aplikasi Netflix hanya melalui web browser tanpa perlu mengunduh aplikasinya terlebih dahulu.

Jadi, bisa kamu simpulkan bahwa cara kerja dari SaaS adalah dengan melakukan hosting aplikasi yang sudah ada kemudian meluncurkan web tersebut sehingga bisa kamu akses langsung melalui web browser.

Terapkan Software as a Service Sekarang Juga!

Sebelum menerapkannya, pastikan kamu menggunakan hosting dengan kemampuan komputasi yang sangat tinggi.

Proses komputasi ini sangatlah penting karena akan berpengaruh terhadap kinerja aplikasi saat berjalan di website. Kelancaran aplikasi ini tentunya akan meningkatkan kepuasan pengguna sehingga pengguna akan terus berlangganan dengan aplikasi yang kamu hadirkan ini.


No comments