Apa Itu Latency Internet? Ini Penjelasan dan 5 Penyebabnya!

 

Latency Internet

Kali ini, kita akan membahas tentang apa itu latency internet dan penyebabnya. Terkadang, jaringan internet yang mengalami penurunan kecepatan bisa menjadi masalah terutama di Jakarta, yang notabene membutuhkan jaringan internet dengan kecepatan tinggi untuk menunjang kegiatan produktivitas bisnis perusahaan. 

Oleh sebab itu, data center Jakarta hadir sebagai solusinya. Data center ini dapat memperlancar komunikasi data antar cabang perusahaan di berbagai daerah menjadi lebih cepat, fleksibel, dan aman. Jadi jika menggunakan layanan ini kecil kemungkinannya untuk mengalami latency internet, loh. Yuk, simak pembahasannya berikut ini!

Apa itu Latency Internet?

Latency internet adalah waktu yang data butuhkan untuk sampai tujuan. Latency diukur dalam satuan mili detik. Jadi, jika latency sudah masuk ke dalam hitungan detik, maka masalah ini harus segera Anda atasi.

Penyebab Latency Internet

Setelah mengetahui apa itu latency internet, Anda juga perlu mengetahui penyebab terjadinya latency. Berikut ini ada beberapa penyebab kenapa latency muncul, yaitu:

1. RF (Radio Frequency) Bermasalah

Penyebab pertama latency adalah terdapat gangguan gelombang elektromagnetik yang terdapat di sekitar user. Hal ini terjadi karena Anda mengandalkan radio frequency dalam mengirimkan data dan gangguan tersebut berasal dari wave interference sinyal radio. 

2. Latency karena Cuaca

Latency akibat faktor cuaca lebih umum terjadi kepada user. Cuaca buruk seperti hujan yang lebat cukup berpengaruh pada koneksi internet. Akibatnya, sinyal tidak mampu untuk mengirim data dan mengalami keterlambatan.

Sifat sinyal, yaitu dapat berpindah antar lokasi dengan kecepatan kurang lebih 300.000 km per detik jika kondisi cuaca tidak terganggu. Tetapi, jika cuaca memburuk, sinyal akan sedikit melambat. Semakin buruk cuacanya, maka latency akan semakin besar.

3. Konfigurasi Jaringan dan Server yang Rumit

Point of Presence (POP) atau bisa disebut titik kehadiran adalah repeater atau bagian infrastruktur semacam stasiun relay yang menghubungkan ISP kepada user. POP berfungsi untuk memperluas dan meningkatkan jangkauan akses suatu jaringan dari penyedia jasa internet di daerah tertentu.

Banyaknya POP yang harus dilalui data, maka peluang munculnya latency akan semakin besar sampai akhirnya data sampai tujuan. Cara mengatasinya, Anda perlu membuat konfigurasi jaringan serta server yang tidak rumit dan memudahkan laju data.

4. Kapasitas Jaringan dan Server yang Kecil

Penyebab munculnya latency internet adalah kapasitas jaringan dan server yang kecil. Hal ini membuat jaringan menjadi lebih sibuk dan data akan otomatis tertunda sementara. Akibatnya, server penuh karena aktivitas yang terjadi dalam jaringan terlalu besar.

5. Jarak Router

Jarak router dan juga panjangnya kabel yang harus dilalui data adalah penyebab latency yang terakhir. Semakin panjang jalur router, maka latency semakin besar karena router akan menganalisis data.

Setiap router perlu waktu untuk melakukan analisis header suatu data yang masuk. Contoh, latency yang cukup signifikan adalah ketika data melewati backbone fiber yang terpasang di bawah laut dan melintasi pulau.

Sudah Tahu Apa itu Latency Internet?

Sekian penjelasan tentang apa itu latency internet dan penyebabnya. Setelah Anda menyimak informasi di atas, semoga Anda bisa segera dapat mencegah latency internet dan menghindari kelambatan pengiriman data. Semoga bermanfaat!

No comments